Globalisasi merupakan kondisi dimana batasan ruang dan waktu tidak lagi menjadi penghalang, semua masyarakat bisa terhubung dengan masyarakat lainnya sekaligus memperluas aktivitas manusia melintasi wilayah dan benua. Hal ini mendorong kemajuan masyarakat di berbagai bidang diantaranya pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan politik. Salah satu dampak globalisasi terjadi dalam bidang pendidikan diantaranya kerja sama dengan asing baik dalam penyelenggaraan maupun pengelolaan pendidikan.

Kerjasama penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan dengan lembaga pendidikan asing telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 31 Tahun 2014 tentang Kerja Sama Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan oleh Lembaga Pendidikan Asing dengan Lembaga Pendidikan di Indonesia.

Dalam rangka melaksanakan Permendikbud tersebut, perlu ditetapkan petunjuk teknis yang mengatur kerja sama penyelenggaraan dan pengelolaan LKP oleh LPI dan LPA berupa Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen). Perdirjen ini bertujuan untuk untuk memberikan acuan pelaksanaan kerja sama penyelenggaraan dan pengelolaan kursus antara Lembaga Pendidikan Asing dengan Lembaga Pendidikan di Indonesia.

Salinan dijital petunjuk teknis dapat diunduh melalui
s.id/kerjasamaasing
atau
Juknis Kursus Kerjasama Asing