Surabaya- Sub-Direktorat Kelembagaan dan Kemitraan Ditbinsuslat adakan kegiatan validasi model kursus dan pelatihan pada Rabu-Jumat (6-8/11) di Hotel Aria Centra Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh unsur Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan dan Tim Pengembang Model Kursus dan Pelatihan tahun 2019 beserta pejabat pendampingnya dari 23 PP/BP PAUD dan Dikmas. Bertindak sebagai narasumber yakni Direktur Ditbinsuslat Dr. Agus Salim, SE, M.Si dan Tim Validator Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Validasi Model Kursus dan Pelatihan diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas Lembaga Kursus dan Pelatihan. Model kursus dan pelatihan yang telah disusun oleh tim pengembang, dalam kegiatan dibahas untuk kemudian disahkan. Setelah disahkan, model kursus dan pelatihan dapat disebarkan ke masyarakat.


Menurut Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan Ditbinsuslat Victor Kahimpong, dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas mengembangkan model-model pelatihan yang dapat digunakan secara luas oleh masyarakat dan mampu membantu percepatan dan efektivitas pendidikan keterampilan di satuan-satuan pendidikan nonformal, khususnya LKP.

“Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat khususnya dalam bidang kursus dan pelatihan dengan pengembangan model pembelajaran. Pengembangan model ini tentunya disesuaikan dengan kebijakan program pemerintah dan kebutuhan yang berkembang di masyarakat”, ujar Victor.

Ada beberapa tahapan dalam pengembangan model kursus dan pelatihan. Keterlibatan Direktorat Pembinaan Kursus dimulai sejak awal pengembangan model, yaitu validasi topik/judul model, uji coba konseptual, uji coba operasional, dan validasi model akhir.

“Kegiatan ini merupakan tahapan terakhir dari serangkaian tahapan yang telah dilalui. Dalam kegiatan ini dilaksanakan presentasi, evaluasi dan validasi terhadap model kursus dan pelatihan yang telah dirancang”, tambah Victor.