Cirebon- Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan (Ditbinsuslat), Direktorat Jenderal Paud dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bekerjasama dengan Inkor Profesional Training Center telah menyelenggarakan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan (PKKU) tahun 2019 bidang keterampilan Sales Marketing dan Work Ethic.

Kegiatan Progran PKKU 2019 ini dibuka di Menara UNAS Jakarta oleh Kasubdit Sarana dan Prasarana, Purwanto M.Si, didampingi oleh Presiden Direktur PT. Cyber Edu Inkor, Dr. Cho Jang Youn dan ditutup di Gedung OJK Kota Cirebon oleh Direktur Inkor Profesional Training Center, Muhamad Shodiq (Diko).

“Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pelatihan dan keterampilan yang berkaitan dengan kebutuhan dunia industri, sehingga setelah selesai pelatihan bisa langsung ditempatkan untuk bekerja.” Ungkap Purwanto pada saat membuka kegiatan, (Minggu, 22/9/2019).

“Apalagi karena bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia maka penambahan pelatihan etika kerja (work ethics) merupakan langkah yang sangat tepat”. Tambahnya.

Sementara Presiden Direktur Cyber Edu Inkor, Dr. Cho Jang Youn menjelaskan bahwa metode Pendidikan secara flipped learning merupakan solusi tepat guna untuk memaksimalkan kegiatan pelatihan dan keterampilan karena peserta bisa menerima pembelajaran dari pengajar yang terbaik, didukung Learning Manajemen System canggih sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja secara komprehensif sampai ke pelosok daerah sekalipun.

“Maka kita mendukung penuh penyelenggaraan PKKU 2019 ini secara serentak di lima kota Batam, Palembang, Jakarta, Cirebon dan Makasar dengan teknologi e-learning yang telah kita kembangkan”. Tutut Dr. Cho Jang Youn, sosok yang baru-baru ini ditetapkan sebagai Rektor Asing Pertama di Indonesia yang akan memimpin Universitas Siber Asia.

Acara Program PKKU tahun 2019 ini ditutup pada hari sabtu (19/10/2019) secara serentak dilaksanakan di 5 kota yaitu Batam, Jakarta, Cirebon, Makassar, dan Palembang.

Pada kesempatan penutupan kegiatan ini, Direktur Inkor Profesional Training Center, Muhammad Shodiq menjelaskan mengenai Program PKKU ini melalui tayangan Live Streaming kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan.

Program Pendidikan Kerja Kecakapan Unggulan ini diharapkan peserta yang ikut bisa memiliki bekal dan keterampilan nantinya untuk di dunia kerja. Seluruh biaya kegiatan Program PKKU difasilitasi penuh oleh Pemerintah dan juga dukungan dari Cyber Edu Inkor dalam hal pembelajaran e-learning dan juga penempatan kerja para peserta pelatihan untuk bekerja di Korean Global Company.

Pelatihan ini memberikan peluang kepada peserta untuk bekerja dengan memiliki keterampilan di perusahaan Korea di Indonesia mengingat ada beberapa perusahaan besar Korea di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan kita”, pungkasnya. Peserta yang mengikuti program PKKU akan diberikan sertifikat kompetensi kerja sebagai bukti telah mengikuti pelatihan selama 28 hari.

Sebagai informasi, program PKKU sendiri sudah berlangsung selama kurang lebih 1 bulan terhitung sejak tanggal 22 September –19 oktober 2019 dengan sistem pembelajaran flipped learning dengan 3 kali pertemuan kelas offline (tatap muka) di 5 titik lokasi tersebut di atas dengan jumlah peserta 300 orang.

Untuk acara seremonial pada saat pembukaan Program PKKU dilaksanakan di Menara UNAS Jakarta, sedangkan untuk puncak acara penutupan Program PKKU pada saat ini secara seremonial dilakukan di Gedung OJK Kota Cirebon yang telah dilaksanakan secara khidmat dan dapat dikatakan sukses.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Inkor Profesional Training Center, Kepala Dinas Tenaga Kerja Cirebon, Perwakilan dari Korean Global Company, Rektor Universitas Fajar Makasar dan juga seluruh peserta Program PKKU bidang Sales Marketing dan Work Ethic tahun 2019.

Program Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan Tahun 2019 merupakan program layanan pendidikan dan pelatihan berorientasi pada pengembangan keterampilan kerja yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Program PKKU Tahun 2019 diberikan kepada peserta didik agar memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu setingkat operator dan teknisi yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi sebagai bekal untuk dapat bekerja di dalam atau luar negeri sesuai dengan kebutuhan bidang pekerjaan pada DU/DI (Dunia Usaha/ Dunia Industri).

Adapun tujuan dari program ini adalah mendidik dan melatih peserta didik usia produktif yang siap untuk bekerja dan memiliki keterampilan agar mampu bersaing pada skala nasional dan/atau internasional dan juga menyalurkan/menempatkan lulusan peserta Program PKKU pada DUDI yang menerbitkan job order/demand letter attachment.