Bogor – Dalam rangka terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada program kursus dan pelatihan, Subdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Ditjen PAUD dan Dikmas – Kemendikbud melaksanakan finalisasi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) kursus dan pelatihan.

SKL ini akan menjadi acuan dalam penyusunan kurikulum dan penilaian kompetensi peserta didik kursus dan pelatihan. SKL disusun berbasis Kerangka Kualifikasi Indonesia (KKNI) agar lulusan kursus dan pelatihan memiliki kualifikasi sesuai dengan level KKNI.

Demikian disampaikan Dadang Sudarman Trisutalaksana, Kasubdit Kurikulum Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kemendikbud di sela-sela pembahasan finalisasi SKL di Hotel Permata Bogor, Rabu 9 Oktober lalu.

Direktur Ditbinsuslat, Dr. Agus Salim, SE, M.Si bersama peserta finalisasi SKL Kursus dan Pelatihan, Hotel Permata Bogor, Rabu (09/10/2019)

Menurut Dadang Sudarman, kegiatan finalisasi ini merupakan rangkaian akhir dalam menyusun dokumen SKL, dimana tahapan sebelumnya yaitu: penyusunan draf, verifikasi draf, penelaahan draf, validasi draf, dan uji publik.

“Ada lima bidang SKL yang difinalisasi, yaitu Teknik Perbaikan Bodi dan Cat Kendaraan, Desain dan Teknologi Busana, Budi Daya Padi Sawah, Pembuatan Olahan Ikan Tanpa Kulit Berbasis Surimi, dan Aplikasi Robotika dalam Industri Manufaktur. Pada pertemuan finalisasi ini juga dilakukan pembahasan draf Permendikbud untuk penetapan SKL tersebut.” Jelas Dadang Sudarman.

Para peserta finalisasi SKL Kursus dan Pelatihan

Dalam pembahasan finalisasi standar kompetensi lulusan kursus dan pelatihan ini, hadir sebagai narasumber, Dr. Agus Salim, SE, M.Si , selaku Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan. Selain itu ada Kasubdit Kurikulum dan Kasi Pembelajaran

Sekedar diketahui, sampai akhir tahun 2018, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan telah menyusun SKL sebanyak 84 jenis. Kemudian Pada Tahun 2019 ini, Ditbinsuslat telah menyusun SKL Kursus dan Pelatihan berbasis KKNI sebanyak 5 bidang keterampilan yang ditentukan melalui identifikasi kursus yang telah diselenggarakan namun belum ada SKL-nya, kebutuhan DUDI dan bidang-bidang yang menjadi prioritas “Pembangunan Nasional”.

Penulis: Tim pengelola web Ditbinsuslat Kemendikbud