Perdirjen Tentang Rumpun Kursus dan Pelatihan

461
Implementasi program dan kebijakan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan dilakukan berdasarkan klasifikasi rumpun kursus dan pelatihan, di antaranya lomba LKP Berprestasi tingkat Nasional, lomba kompetensi peserta didik tingkat Nasional, penyusunan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), penguatan kelembagaan untuk mendukung program NPSN, Data Pokok Pendidikan (Dapodik), akreditasi, perizinan, dan optimalisasi pada proses pembelajaran serta penguji/master penguji pada proses penilaian melalui uji kompetensi.
Oleh karena itu, klasifikasi rumpun kursus dan pelatihan perlu mendapat payung hukum yang jelas agar fokus pembinaan lebih terarah. Tujuan klasifikasi rumpun kursus dan pelatihan adalah untuk meningkatkan layanan kursus berbasis kualifikasi kompetensi Indonesia.
Berdasarkan pemikiran di atas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur Jenderal  PAUD dan Dikmas telah mengeluarkan Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) Nomor 78 Tahun 2019 tentang Rumpun Kursus dan Pelatihan. Perdirjen tersebut mengatur 15 jenis rumpun kursus dan pelatihan, yaitu 1) Teknologi dan Rekayasa; 2) Teknologi Informasi dan Digital; 3) Kesehatan dan Pekerjaan sosial; 4) Agribisnis dan Agroteknologi;  5) Kemaritiman;  6) Manajemen; 7) Pariwisata;  8) Seni, Budaya, dan Sosial; 9) Bahasa; 10) Keolahragaan; 11) Komunikasi dan Kepribadian; 12) Industri dan Kerajinan; 13) Transportasi; 14) Keuangan dan Aktuaria; 15) Jasa Pelayanan Pendukung (Hospitality).
file dapat diunduh melalui tautan berikut.