Dengan hormat, diinformasikan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit. PSMK) menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) bagi peserta didik program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKFl) dan Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) berusia 16-21 tahun.
Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 7508/D/KU/2015 tanggal 30 Desember 2015 perihal Penyaluran PIP bagi Sasaran Pendidikan Kursus dan Kesetaraan, disampaikan kepada seluruh pimpinan lembaga pengusul bantuan PIP hal-hal sebagai berikut:
1. Peserta didik PKH dan PKM penerima bantuan PIP telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Subdit Kelembagaan dan Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (terlampir);
2. Penyaluran dana PIP tahun 2015 dilakukan melalui virHtal account kepada setiap peserta didik yang dibuat oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank penyalur yang ditunjuk. Daftar virtual account tersebut termuat dalam lampiran Surat Perintah Pencairan Dana yang akan diumumkan melalui website www.infokiirsus.net:
3. Pimpinan lembaga penyelenggara PKH/PKM segera melakukan pencairan dan pemanfaatan bantuan PIP di kantor cabang BRI terdekat sesuai ketentuan Petunjuk Teknis Program Indonesia Pintar (PIP) halaman 11 – 13 yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (dapat diunduh di website www.infokursus.net).
4. Mengacu kepada petunjuk teknis pada poin 3 di atas, dana PIP yang telah dicairkan harus dimanfaatkan untuk membantu biaya personal peserta didik PKH/PKM sebagai berikut:
   a. Penyediaan bahan ajar/modul dan alat tulis;
   b. Pembelian seragam dan perlengkapan praktik kursus yang diikuti;
   c. Transportasi peserta didik ke lokasi pembelajaran dan lokasi penempatan bekerja atau lokasi perintisan wirausaha;
   d. Biaya lainnya yang menunjang pembelajaran PKH/PKM. Dana tersebut tidak diperkenankan digunakan untuk tujuan lain yang tidak berhubungan dengan kegiatan pembelajaran
5. Alokasi biaya personal bagi penerima dana bantuan PIP yang tercantum pada poin 4 di atas, tidak diperkenankan uiituk dialokasikan kembali dalain bantuan PKH/PKM bagi peserta didik tersebut.
6. Pemanfaatan dana bantuan PIP harus diarsipkan dengan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjavvabkan, seperti kuitansi pcmbelian. tanda terinia kepada peserta didik dan dokumen relevan lainnya.
SK dan Lampiran yang memuat daftar peserta PIP yang sudah di tetapkan dapat di unduh di http://kursus.kemdikbud.go.id/wordpress/index.php/downloads/
Demikian pemberitahuan ini disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.