SEMPAT GAGAL, DHIRA ALUMNI PKW SUKSES BUKA KEDAI KULINER DI MAL DAN OMZET BELASAN JUTA

27 Oktober 2023

Pendidikan vokasi dapat melatih peserta didik untuk lebih intens membangun bisnis dan berwirausaha, khususnya melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tersebut telah melahirkan banyak wirausaha muda dengan pembelajaran di lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Salah satu alumni program PKW yang sukses membangun mimpi menjadi wirausaha muda adalah Sefhira Nadhira Azzahra atau Dhira.


Gadis berumur 20 tahun tersebut merupakan lulusan LKP Komputer dan Manajemen Aktual (LKP-LPKMA), Sumedang, Jawa Barat program PKW 2022. Ia mempunyai kedai makanan di salah satu mal terbesar di Sumedang bernama Kedai Bohay.


“Saya memang senang masak-masak dari kecil lalu saya sudah punya usaha kecil-kecilan juga di rumah. Di pertengahan 2022, ternyata ada program PKW yang gratis,” tutur Dhira, sapaan Sefhira Nadhira Azzahra, mengawali cerita. 


Dhira pun menyampaikan bahwa mengikuti PKW adalah titik terbaiknya ketika ia hampir putus asa. Keluarganya sedang kesulitan uang karena sang Ayah mengalami penyakit jantung. Ia pun berkali-kali ditolak di sekolah kedinasan.


Dengan mengikuti PKW bidang tata boga, khususnya cake and bakery dan street food, membuat Dhira mengasah keterampilannya. Ia pun praktik membuat berbagai macam kue dan jajanan. Ia juga bercerita bahwa dengan mengikuti PKW ia bisa membangkitkan jiwa kewirausahaannya dengan instruktur yang andal.


“Saya diajarkan menghitung modal dan harga pokok penjualan (HPP) , terus ada motivasi kewirausahaan juga. Itu sangat berarti untuk melatih mental wirausaha saya,” tegas Dhira.




Jatuh Bangun Membangun Usaha