KISAH ULIN NUHA: MENGUKIR CITA-CITA DARI SECANGKIR KOPI PULOSARI BERKAT KURSUS BARISTA

15 Oktober 2023

Menjalankan suatu usaha dapat tumbuh dari tempat terdekat, yaitu lingkungan sendiri. Itulah yang dilakukan oleh Muhamad Ulin Nuha. Pemuda 25 tahun itu pun memulai mengembangkan usahanya dari langkah sederhana, yaitu kursus barista di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Filbert, Pemalang, Jawa Tengah. Berkat pelatihan itulah, ia sukses mengembangkan usaha kedai kopi bernama “Poskopi Pulosari”.


Sedari awal ia bermimpi mempunyai usaha kedai kopi sendiri. Akan tetapi, untuk mewujudkan itu, ia ingin meningkatkan kompetensi dan mencari pengalaman terlebih dahulu.


“Saya tertarik dengan kopi sudah sejak lama tapi belum kesampaian buka usaha kedai kopi. Hingga setelah 3 tahun bekerja menjadi bartender, saya dapat info pelatihan dari LKP Filbert,” ujar Nuha mengawali cerita.


Lebih lanjut, ia bercerita bahwa dahulu ia bekerja di bar daerah Cibubur dan Purwokerto. Lantas ia pun menyadari bahwa menyajikan minuman tersebut dilarang oleh agama. Hingga akhirnya, ia pun pulang ke Pemalang dan mengetahui pelatihan barista tersebut.


“Saya ingin cari penghasilan yang lebih berkah dan menyajikan minuman yang halal. Maka dari itu, ketika saya sudah dapat info, saya langsung daftar pelatihan barista dari sisa tabungan selama kerja,” ungkap Nuha.


Bentuk pelarian dari dunia bar tersebut pun membuka mata Nuha. Di LKP Filbert, ia mengenal lebih dalam tentang dunia kopi. 


Nuha menjelaskan, “Di pelatihan saya mempelajari proses kopi, berbagai macam teknik penyeduhan, pengetahuan kopi sampai cara pemasarannya. Ketika saya buka kedai sendiri pun tinggal mengaplikasikan saja.”


Sepetak Kecil Depan Rumah Jadi Cerita Penuh Makna


Nuha percaya bahwa tak ada yang lebih membanggakan dibandingkan sukses di tanah sendiri tanpa perlu merantau lagi. Untuk itulah ia jeli dengan melihat peluang yang ada di tanah kelahirannya. Dengan sepetak perkebunan kopi yang ia miliki, ia pun mulai membangun mimpi.