Bertempat di Hotel Royal Padjadjaran, Bogor, Direktorat Kursus dan Pelatihan melalui Kelompok Kerja (Pokja) Kelembagaan, melaksanakan Review Pedoman dan Penyusunan Perangkat melalui Pendekatan Project Based Learning (PjBL) pada 20 Maret 2023. Koordinator Pokja Kelembagaan, Dadang Trisutalaksana mengatakan, “Kegiatan ini sebagai awal dari rangkaian penerapan PjBL pada program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), setelah sebelumnya pedoman untuk LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) diluncurkan pada 2022.” Model pembelajaran PjBL sejak tahun lalu memang direncanakan dapat menjadi bagian dari proses pembelajaran PKW 2023.
Kiri – Kanan: Widyaprada Ahli Utama Ditsuslat, Widyo Winarso, bersama Koordinator Pokja PKW, Kastum, Koordinator Pokja PK, Dadang Trisutalaksana dan Subkoordinator, I Budi Prasetya, saat pembukaan kegiatan.
Koordinator PKW, Kastum menambahkan, “Pengimplementasian PjBL ke dalam program PKW merupakan upaya Direktorat Kursus dan Pelatihan dalam peningkatan kualitas mutu program. Hal ini didukung dengan konsep PKW yang ‘terbuka’, dalam proses pelaksanaannya bisa jadi berbeda antar LKP.” Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran PKW memang berbeda-beda karena dikembangkan langsung oleh LKP yang bekerjasama dengan mitra.
Hadir dalam kegiatan ini, LKP Mei Kabupaten Bandung, LKP Budi Mulya Dua Kabupaten Sleman, serta perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPMPV KPTK Kabupaten Gowa. Disampaikan Mey, pengelola LKP Mey, “Saat ini banyak teman-teman LKP sebenarnya menjalankan prinsip pembelajaran PjBL, hanya saja mungkin secara administratif belum seluruh komponen terpenuhi. Tahun ini rencananya akan menjadi bagian pembelajaran dalam program Pendidikan Kecakapan Wirausaha, makanya kami antusias menjadi bagian dari penyusunan pedoman yang akan digunakan nanti.”
PjBL atau pembelajaran berbasis proyek sendiri merupakan suatu model pembelajaran yang telah lama dikenal luas. Melalui model ini, para siswa dirangsang, di antaranya, untuk dapat mencari solusi dari permasalahan yang timbul dari order yang datang, menumbuhkan proses kerjasama antar peserta didik, antara peserta didik dengan instruktur, serta dapat memberikan atmosfer kerja dalam suasana yang menyerupai kondisi real di industri.
Penerapan PjBL di LKP telah dimulai sejak 2022 lalu dengan diluncurkannya pedoman pelaksanaan, sebagai salah satu ciri khas LKP berbasis dunia kerja. Pada akhir tahun yang sama dilakukan kunjungan ke 27 LKP, yang telah melaksanakan model pembelajaran ini. Hal ini dimaksudkan untuk memotret sejauh mana LKP telah mengadopsi model pembelajaran PjBL, serta menampung masukan serta saran untuk penyempurnaan pedoman di masa mendatang. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu PjBL bagi LKP, silahkan klik tautan berikut: https://bit.ly/pedomanpjbl2022
Sony/Nina