Magang Peserta Didik

Keselarasan program kursus dengan dunia kerja adalah keniscayaan yang mampu menghadirkan harapan terkikisnya pengangguran. Program pemagangan peserta didik di dunia industri menjadi simbiosis mutualisme yang positif antara LKP sebagai pemasok tenaga kerja dan industri sebagai pengguna.


Magang peserta didik adalah bentuk pembelajaran yang dilaksanakan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) serta di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yaitu perusahaan, industri manufaktur, industri jasa, industri rumahan (home industry) atau industri lainnya. Dilaksanakan pertama kali pada tahun 2016, program pembelajaran magang dirancang bersama oleh LKP dan DUDI tempat magang.


Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta magang dengan memberikan pengalaman praktik kerja nyata di DUDI sehingga lulusan magang dapat bekerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja/industri atau dapat juga diarahkan untuk membuka usaha mandiri padaa jenis keterampilan tertentu. Dalam kurun waktu 3 tahun (2016-2018), jumlah masyarakat usia produktif dan masih menganggur telah dimagangkan di kurang lebih 228 DUDI sebanyak 3.010 orang melalui pembelajaran dan pembekalan magang pada lebih dari 70 LKP. Grafik di bawah ini menggambarkan penyelenggaraan program magang selama kurun waktu 3 tahun.

magang
Perkembangan Program Magang Peserta Peserta Didik LKP di DUDI beserta anggaran pendukungnya.

Program magang dilaksanakan selama 3 bulan hingga 6 bulan. Pelaksanaanya dibagi dalam dua tahap. Yakni orientasi di LKP dan pelaksanaan magang di DUDI. Selama peserta didik melaksanakan pemagangan, LKP dan pihak DUDI juga harus melakukan evaluasi dan monitoring secara berkala. Uji kompetensi dapat dilakukan oleh DUDI saja atau bersama antara DUDI dan LKP.


Program magang telah banyak menghasilkan lulusan yang sukses bekerja. Salah satunya Rizkiah yang bekerja Rumah Sakit Bina Sehat Jember, sejak 1 November 2016. Dia sebagai admin rawat jalan dengan gaji Rp. 2.100.000/bulan. Ia pernah mengikuti magang dengan jenis keterampilan komputer aplikasi perkantoran di LKP PIKMI. Rizkiah mengakui bahwa program magang telah memberinya banyak pengalaman dalam bekerja.