Lomba Lembaga Kursus dan Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan setiap tahunnya memberikan penghargaan bagi LKP berprestasi melalui ajang Lomba Kursus Berpretasi tingkat nasional. Lomba LKP Berprestasi adalah proses pemilihan dan pemberian penghargaan kepada LKP yang mempunyai keunggulan dalam hal manajemen kemitraan, pemasaran, dan pengembangan SDM melalui kompetisi dan penilaian yang dilakukan secara obyektif dan terukur.


Tujuannya untuk memotivasi penyelenggara LKP dalam meningkatkan mutu pengelolaan sebagai bentuk akuntabilitas dan pencitraan publik, menumbuhkan semangat bersaing secara positif dan berprestasi, dan memberikan pengakuan terhadap eksistensi lembaga kursus dan pelatihan.


Setiap tahun kategori yang dilombakan setiap tahunnya masih berubah-rubah. Pada tahun 2015 ada empat kategori yang dilombakan, yaitu Vokasional Berstandar Nasional, Vokasional Berstandar Pelayanan Minimal, Non Vokasional Berstandar Nasional, dan Non Vokasional Berstandar Nasional.


Pada 2016, ada 8 ketegori yang dilombakan, yaitu Tata Kecantikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Tata Busana, Bahasa, Otomotif, Pariwisata, Kesenian, Bisnis dan Manajemen. Sedangkan pada 2017 ada dua kategori, yaitu Terakreditasi A/B dan Terakreditasi C. Sementara pada 2018 ada 5 kategori, yaitu rumpun Kerumahtanggan (Tata Boga, Tata Busana, Membatik, dsb), rumpun Kesehatan (Akupunktur, Akupresure, Tata Kecantikan Rambut, Tata Kecantikan Kulit, Spa, Refleksi, Catering, dsb), rumpun Jasa (Akuntansi, Komputer Aplikasi Perkantoran, Desain Grafis, Baby Sitter, Care Giver), rumpun Teknik (Teknisi Komputer, Teknisi HP, Elektronika, Teknisi AC, dsb), dan rumpun Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, dsb). Ke depan diharapkan dapat ditetapkan kategori lomba LKP yang sama dan tidak berubah setiap tahunnya.